Kalau kita coba observasi prosess pelanggan mulai dari tertarik sampai membeli beberapa hal dilalui oleh pelanggan kurang lebih sebagai berikut
Satu hal yang perlu diperhatikan yaitu kita harus focus dan mengisolasi permasalahan saat melakukan analisis, karena pada umumnya masalah di dunia marketing sangat singular independen dan tidak ber irisan missal loyalty dan brand sangat independen jadi kalau mau meningkatkan loyalitas pelanggan kita harus fokus dengan melihat apakah konsumen mau ngerekomendasikan produk dan apakah ada repetisi penggunaan produk dari konsumen. Kalau ternyata promotion rate dan repetition rendah harus dicari kenapa, apakah karena ada masalah teknikal atau fundamental dan harus dicari masalahnya dating dari 6 siklus atau tahapan konsumen yang mana. Berikut top 5 masalah marketing yang umumnya perlu diselesaikan dan di observasi, revenue dan sales achievement pada umumnya adalah impact dari 5 hal ini jadi kalo kita beresin 5 hal ini harusnya sales & revenue kita membaik.
- Trigger : situasi dimana konsumen liat secara visual di media fisik atau digital
- Initial consideration : Ini adalah momen dimana konsumen tertarik yang kemungkinan besar karena kenal brand
- Active Evaluation: Konsumen akan memikirkan apakah produk yang ditawarkan diperlukan atau tidak
- Moment of Purchase : Saat dimana sales team ketemu konsumen yang tertarik dan ngerasa perlu beli produk yang kita jual dan sales team berhasil jual produk yang kita jual
- Post Purchase experience : Setelah konsumen beli barang kita mereka bakal mikir apakah barang yang dibeli juga pelayanannya memuaskan
- Loyalty loop: Ini prosess dimana konsumen merekomendasikan produk kita ke oranglain dan membeli lagi produk kita kalau puas
Satu hal yang perlu diperhatikan yaitu kita harus focus dan mengisolasi permasalahan saat melakukan analisis, karena pada umumnya masalah di dunia marketing sangat singular independen dan tidak ber irisan missal loyalty dan brand sangat independen jadi kalau mau meningkatkan loyalitas pelanggan kita harus fokus dengan melihat apakah konsumen mau ngerekomendasikan produk dan apakah ada repetisi penggunaan produk dari konsumen. Kalau ternyata promotion rate dan repetition rendah harus dicari kenapa, apakah karena ada masalah teknikal atau fundamental dan harus dicari masalahnya dating dari 6 siklus atau tahapan konsumen yang mana. Berikut top 5 masalah marketing yang umumnya perlu diselesaikan dan di observasi, revenue dan sales achievement pada umumnya adalah impact dari 5 hal ini jadi kalo kita beresin 5 hal ini harusnya sales & revenue kita membaik.
Komentar
Posting Komentar