Langsung ke konten utama

Masalah di Dunia Marketing Analytics Hanya Itu - Itu Saja

Kalau kita coba observasi prosess pelanggan mulai dari tertarik sampai membeli beberapa hal dilalui oleh pelanggan kurang lebih sebagai berikut
 
  1. Trigger : situasi dimana konsumen liat secara visual di media fisik atau digital
  2. Initial consideration  :  Ini adalah momen dimana konsumen tertarik yang kemungkinan besar karena kenal brand
  3. Active Evaluation:  Konsumen akan memikirkan apakah produk yang ditawarkan diperlukan atau tidak
  4. Moment of Purchase : Saat dimana sales team ketemu konsumen yang tertarik dan ngerasa perlu beli produk yang kita jual dan sales team berhasil jual produk yang kita jual
  5. Post Purchase experience  : Setelah konsumen beli barang kita mereka bakal mikir apakah barang yang dibeli juga pelayanannya memuaskan
  6. Loyalty loop: Ini prosess dimana konsumen merekomendasikan produk kita ke oranglain dan membeli lagi produk kita kalau puas
(Enam siklus konsumen diatas diambil dari McKinsey)
Dari 6 prosess siklus konsumen mulai tertarik sampai beli produk kita diatas banyak data yang bisa di tangkap di setiap tahapannya. Dari data - data yang ditangkap dan dievaluasi kita bisa tau apakah ada yang harus di perbaiki atau bisa ditingkatkan.  Tugasnya seorang analyst sebernarnya cuman satu yaitu mengakselerasi terciptanya hal-hal yang baik dengan actionable insight yang harusnya missal tercapai 100% dalam 10 hari jadi 100% dalam 8 hari.


Satu hal yang perlu diperhatikan yaitu kita harus focus dan mengisolasi permasalahan saat melakukan analisis, karena pada umumnya masalah di dunia marketing sangat singular independen dan tidak ber irisan missal loyalty dan brand sangat independen jadi kalau mau meningkatkan loyalitas pelanggan kita harus fokus dengan melihat apakah konsumen mau ngerekomendasikan  produk dan apakah ada repetisi penggunaan produk dari konsumen.  Kalau ternyata promotion rate dan repetition rendah harus dicari kenapa, apakah  karena ada masalah teknikal atau fundamental dan harus dicari masalahnya dating dari 6 siklus atau tahapan konsumen yang mana.   Berikut top 5 masalah marketing yang umumnya perlu diselesaikan dan di observasi, revenue dan sales achievement pada umumnya adalah impact dari 5 hal ini jadi kalo kita beresin 5 hal ini harusnya sales & revenue kita membaik.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengumpulkan Informasi Yang BERSERAKAN dan Menyambung Titik-Titik Yang TERPUTUS

Tidak terasa pemilihan presiden republik Indonesia 2019 telah didepan mata, hajat demokrasi 5 tahunan yang selalu dinanti gegap gempita oleh masyarakat Indonesia ini akan  menjadi waktu dimana masyarkat harus memilih yang terbaik diantara banyak pilihan yang baik.   Dunia saat ini banyak berubah, hampir seluruh informasi yang kita perlukan untuk mengambil keputusan tersedia di Internet, terlebih dengan penetrasi social media dan para penggunanya yang sukarela membagi pandangan opini dan komentar secara terbuka, hal ini mempermudah kita untuk melakukan observasi juga pengecekan trend topik-topik hangat yang terus dibahas dengan intensitas yang semakin meningkat.   Pada bulan Maret tahun 2013 kami pernah melakukan pengecekan popularitas sosial calon presiden (selengkapnya bisa di cek disini ) dengan pendekatan sederhana melalui pengecekan nama brand dalam hal ini nama calon presiden juga wakilnya yang muncul dalam hasil pencarian di Google juga percakapan berulang ya...

Buang Ratusan Juta Per Tahun Ternyata Bisa Gratis

Di era revolusi industri ke 4 saat ini, hampir semua perusahaan berlomba-lomba untuk memberikan perhatian, waktu dan budget yang besar untuk penerapan Business Analytics . Salah satu pengeluaran terbesar perusahaan untuk menjalankan operasional analytics adalah software license yang digunakan untuk menganlisis persoalan dan membuat model prediktif. Banyak pilihan yang dapat digunakan oleh perusahaan mulai dari membeli software analytics and modeling berlisensi dengan biaya mulai dari ratusan juta rupiah per aksess pengguna sampai dengan menggunakan open source atau freeware . Secara garis besar, faktor utama dari pemilihan software ini terbagi menjadi 3 yaitu : Power         : Kekuatan dan kemampuan tools itu sendiri dalam pengolahan dan analisis data Simplicity  : Kemudahan operasional dalam pemakaian alat Budget       : Biaya yang ada untuk membeli license tools Tentu saja jika suatu software semakin ba...

Bukan Dukun - AI Mungkin Bisa Menebak Cerita & Berita Hoax Selanjutnya

Apa bedanya dua orang anak kecil yang terisolasi tidak pernah belajar dan mendengarkan percakapan dan anak kecil yang aktif mendengarkan percakapan disekelilingnya, sudah pasti anak yang aktif mendengarkan percakapan akan belajar untuk berbicara dan mencerna informasi dan kemungkinan besar dapat merangkai kata-kata sesuai apa yang dipelajari atau didengar.     Lalu apa jadinya jika kita punya model prediktif yang bisa belajar dari input dan output target berupa text tentunya secara simple model akan memberikan output hasil prediksi berupa text yang bisa jadi berguna untuk kita. Beberapa ide sederhana dari kasus pemodelan ini bisa berguna diantaranya : Prediksi kelanjutan berita dan sentiment : Jika ada berita dengan trend yang konsisten terus menerus dan model bisa mempelajari pola nya kita bisa menggunakannya untuk memprediksi berita apa selanjutnya Prediksi kelanjutan cerita: jika ada beberapa tulisan yang cukup volume text nya untuk dipelajari maka kemungk...