Salah satu hal yang tidak pernah berubah didalam hidup ini adalah perubahan. Berikut beberapa notes dan bacaan menarik hasil observasi selama bulan Maret 2018 di dunia Marketing yaitu perubahan di marketing mixed :
1.Product=> Dulu produk di design perusahaan sekarang produk di design konsumen (Customer Co Creation) https://hbr.org/2013/04/using-the-crowd-as-an-innovation-partner
2.Promotion=> Dulu promosi diformulasi perusahan sekarang promosi dijalankan konsumen (User Generated Content) https://hbr.org/2010/12/branding-in-the-digital-age-youre-spending-your-money-in-all-the-wrong-places
3.Place => Dulu produk dibikin produsen, dikirim perusahaan logistik dijual retailer atau perusahaan e commerce terus dibeli konsumen. Kedepan produsen bisa cuman sediain desain, konsumen nge print produk di rumah pakr 3D Printer. https://hbr.org/2011/12/the-future-of-shopping
4.Price => Dulu perusahaan nentuin harga sekarang konsumen nentuin harga https://sloanreview.mit.edu/article/when-customers-help-set-prices/
Komentar
Posting Komentar